Tajribah adalah pengalaman, arti sebenarnya adalah percobaan, karena secara umum pengalaman bermula dari percobaan, seseorang tidak mendapatkan pengalaman kecuali sesudah mengalami percobaan, maka tajribah adalah pengalaman. Apabilah tajiribah tidak menyalahi aturan Al=Qur'an dan sunnah maka itu di perbolehkan,,,
Contoh mengenai herbal untuk gangguan jin bukan hanya herbal yang sunnah saja yang bisa untuk menyembuhkan gangguan fisik di karenakan gangguan jin tetapi semua herbal di indonesia bisa untuk pengobatan fisik karena gaangguan jin, semua ini adalah kekuasan Allah melalui herbal tersebut, sebab setan itu bisa menggangu sakit fisik seseorang sehingga menjadi sakit tubuhnya , kita lihat kisah nabi Ayub
”dan ingatlah akan hamba Kami Ayyub ketika ia menyeru Tuhan-nya: “Sesungguhnya aku diganggu syaitan dengan kepayahan dan siksaan”. (Qs. Shaad 41).
Iblis merasa iri dan dengki melihat ketaatan Ayyub as ini, Ia berseru pada Allah:” Ya Allah tentu saja Ayyub as taat padaMU karena ia memiliki harta yang banyak, jika Kau izinkan aku melenyapkan semua hartanya hingga dia jatuh miskin niscaya dia akan berpaling dari MU. “ . Allah menjawab :” Silahkan kau lakukan , dia akan tetap menjadi hambaKu yang taat” .
Setelah mendapat izin dari Allah, iblis segera mengumpulkan balatentaranya untuk melenyapkan semua harta kekayaan Ayyub hingga di usir warga dan sakit gatal seluruh tubuhnya,
Iblis datang mendekati Nabi Ayyub alahissalam yang sedang asyik beribadah, kemudian ia meniupkan udara yang berisi berbagai macam bibit penyakit keseluruh tubuh Nabi Ayyub alaihissalam . Nabi Ayyub.alaihissalam merasakan gatal diseluruh tubuhnya. Iapun sibuk menggaruk anggota tubuhya yang gatal, namun rasa gatal itu tidak hilang bahkan berubah menjadi luka yang mengeluarkan nanah dan bau busuk menyengat. Karena penyakit ditubuhnya tidak kunjung sembuh bahkan bertambah parah , Ayyubpun sadar bahwa itu adalah ujian dan cobaan Allah baginya. Iapun kembali ketempat ibadahnya tidak mempedulikan tubuhnya yang luka dan berbau busuk itu.
Melihat sakit yang di alami nabi Ayub adalah gatal-gatal di seluruh tubuhnya, klo di jaman sekarang bisa di katakan sakit eksim dan sejenisnya, untuk sakit gatal bisa juga memakai daun bidara yang di ambil miyaknya di campur denagn herbal lain sehingga menjadi resep obat gatal, apabila sebuah penelitian dan tajribah sudah membuktikan maka ini tidak mengapa kita lakukan, apa lagi tajribah seorang ulama yang sudah di kenal mumpuni di bidangnya.
JIN ITU MERASA TERGANGGU BUKAN TAKUT
Ustad Salahudin menulis
Seandainya ada orang bertanya benarkah jin itu merasa terganggu dan tersakiti oleh tumbuhan atau oleh bahan tertentu? Kalau jawabannya benar jin itu tersakiti,maka ini akan dapat menimbulkan opini pro dan kontra bahkan pembenaran itu bisa dianggap keyakinan yang perlu diluruskan.
Sebagaimana kita ketahui jin itu makhluk yang tidak jauh berbeda dengan manusia didalam kehidupan sosial mereka.
Jin itu makan,minum,menikah,dll.Mereka juga memiliki rasa takut,senang,benci,atau bisa merasa sakit oleh tumbuh-tumbuhan atau bahan-bahan tertentu.
Kalau kita perhatikan hadits tentang malaikat yang tersakiti/terganggu oleh bawang putih,bawang merah,dan bawang perai sebagaimana dalam hadits berikut:
ﻋﻦ ﺟَﺎﺑِﺮِ ﺑﻦِ ﻋﺒﺪِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗَﺎﻝَ : ﻣَﻦْ ﺃَﻛَﻞَ ﺍﻟﺜُّﻮﻡَ ﻭَﺍﻟْﺒَﺼَﻞَ ﻭَﺍﻟْﻜُﺮَّﺍﺙَ ﻓَﻼ ﻳَﻘْﺮَﺑَﻦَّ ﻣَﺴْﺠِﺪَﻧَﺎ ، ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟْﻤَﻼﺋِﻜَﺔَ ﺗَﺘَﺄَﺫَّﻯ ﻣِﻤَّﺎ ﻳَﺘَﺄَﺫَّﻯ ﻣِﻨْﻪُ ﺑﻨﻮ ﺁﺩﻡَ .
"Barangsiapa makan bawang putih atau bawang merah, maka janganlah ia mendekati masjid kami dan hendaklah ia shalat di rumahnya, karena sesungguhnya para malaikat itu juga terganggu dengan apa-apa yang mengganggu manusia".(HR.Bukhari&Muslim).
Semua itu bisa terjadi pada malaikat,lalu secara syari'at dan akal tidak ada yang menghalangi jin itu tersakiti oleh tumbuhan atau bahan tertentu sebagaimana juga manusia merasa tersakiti oleh hal tersebut.
Ada juga yang mengatakan bahwa jin tidak akan mendekat ke sebuah rumah yang didalamnya terdapat Utrujah (ﺍﻷﺗﺮﺟﺔ ).
Berkata Ibnu Al-Anmaathi:"Aku mendengar Aba Shodiq Abdulhaq bn Habbatulloh Al-Qadho'i ,seorang ulama hadits di Mesir, aku mendengar Al-'aalim Al-zaahid Aba Hasan Ali bn Ibrahim,anak dari Abi Saad berkata:" Dulu Qodhi Abu Al-Hasan Al-Khal'i sedang memutuskan suatu perkara antara para jin,tapi mereka tidak datang.Pada hari jumat berikutnya para jin datang dan berkata:" Minggu yang lalu kami tidak datang karena dirumah anda ada utrujah.Kami para jin tidak mau masuk suatu tempat yang didalamnya ada utrujah".
(Al-Zdahabi dalam sir a'laam An-Nubala':19/76).
Sebagai pembuktian di lapangan saya menyuruh beberapa pasien yang ada gangguan jin untuk memandang gambar buah utrujah dibawah ini dan subhaanalloh mereka bereaksi dengan reaksi yang bermacam-macam.Jelasnya ada sebagian tumbuhan atau bahan tertentu yang dapat mengganggu atau menyakiti malaikat dan jin sebagaimana dijelaskan diatas.Tapi yang perlu diluruskan adalah tumbuhan atau bahan tertentu tersebut bukan membuat jin takut tetapi yang benar adalah mereka terganggu atau tersakiti saja.
Sebagian peruqyah sering keliru dalam masalah ini.Mereka kadang menggunakan ranting bidara/sidr atau daunnya didalam meruqyah dengan alasan jin takut terhadap sidr atau terhadap bahan-bahan tertentu lainnya.Sekali lagi menurut saya mereka hanya terganggu bukan takut.
ﻭﺻﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﺃﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ . ﻭﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ . ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺍﻋﻠﻰ ﻭﺍﻋﻠﻢ .
Selagi tajribah dan tidak melanggar hukum itu sendiri dan tidak ada kesyirikan maka itu akan saya lakukan dengan kaidah kaidah yeng di tentukan, Barakallahufiikum